BABAK AWAL PERJALANAN HIMDAS


TIDAK TERASA sudah 1 tahun lebih berlalu Himpunan Mahasiswa Dayak Semarang (HIMDAS) didirikan di Semarang. Ide pembentukan HIMDAS sebenarnya sudah ada sejak tahun 2004 namun karena berbagai alasan, keinginan tsb baru bisa dilaksanakan pada tahun 2008, tepatnya 21 Agustus 2008 yang disponsori oleh beberapaorang mahasiswa dayak seperti MARTE, FERI HD, DEHON & ALEX. Tepat 21 AGUSTUS 2009 kemarin HIMDAS berusia 1 Tahun.
Tidak banyak program kerja yang bisa dilaksanakan selama 1 tahun belakangan ini karena selain persolan dana, sampai saat ini himdas juga belum mempunya sekretariat tetap. Pernah ada tawaran dari salah seorang anggota IBC (Indonesia Borneo Community) untuk memusatkan kegiatan HIMDAS di IBC sebuah organisasi yang didirikan oleh mahasiswa asal Kalimantan yang sudah lebih dahulu kuliah di Semarang. Himdas perneh menenpati sekretariat sementara di Jl. Karangrejoi Tengah IX No 30 Semarang. Namun karena masa kontrak rumah tsb sudah habis & sewa kontrak yang terlalu mahal (Rp 15.000.000/tahun) Himdas memutuskan untuk mengakhiri kontrak tsb & sekarang sedang berusaha mencari tempat baru sebagai pusat kegiatan HIMDAS.
KAMI berharap PEMDA baik PEMPROV maupun PEMKAB dapat menjadi salah satu solusi yang nantinya dapat membantu kami untuk membayar sewa kontrak rumah yang akan dijadikan sekreteriat himdas. Bagi kami para pengurus HIMDAS bantuan dari pemerntah sangat diperlukan karena kegiatan yang dilakukan oleh HIMDAS pada prinsipnya adalah juga merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam hal ini mempersiapkan SDM yang peka terhadap permasalahan daerah. Rencana kami dalam beberapa hari kedepan, HIMDAS akan mengirimkan proposal permohonan bantuan kepada PEMPROV & PEMKAB di KALIMANTAN dengan harapan pada tahun ini (2009) HIMDAS bisa mempunyai sekreteriat tetap paling tidak untuk beberapa tahun kedepan, sehingga segala kegiatan dapat dipusatkan di sekretariat & Mahasiswa Dayak dari berbagai daerah bisa berkumpul di sekretariat tsb.
Perlu kami jelaskan bahwa HIMDAS selama ini cukup sering melakukan diskusi baik dengan sesama anggota himdas sendiri maupun dengan beberapa organisasi kemahasiswaan, kepemudaan & yayasan-yayasan yang konsen dengan masalah Kebudayaan seperti YAYASAN TRI TUNGGAL SEMARANG dls. Selain itu HIMDAS juga aktif dalam berbagai diolog seperti dialog dengan salah satu anggota DPRD dari praksi PDI-P dan dialog antar mahasiswa Kalimantan & dialog di kampus kampus baik di Semarang sendiri maupun di kota-kota lain di Jawa khususnya.

2 komentar:

miki hermanto mengatakan...

kawan. memang dana menjadi kendala yang teramat vital, namun jangan sampai karna dana perjuangan kita terhenti....
salam dari mahasiswa dayak di malang

Ttd


WAPRES FMDKBM
blog: www.mahasiswasintang.blogspot.com

Dayak Press mengatakan...

TERIMA KASIH ATAS SARANNYA.UNTUK MENAMBAH WAWASAN SILAHKAN KLIK : WWW.DAYAKPRESS.BLOGSPOT.COM