Tarian Adat Dayak pada UANG Rp 2.000


By : Marte (pemerhati Adat & Budaya Dayak

Beberapa waktu yang lalu uang pecahan Rp 2.000 terbaru baru saja dikeluarkan oleh BI. Ada hal menarik yang mencuri perhatian saya dari Uang Rp 2.000 yang baru tsb salah satunya karena dalam uang tsb terdapat gambar tarian adat dayak. Sebagai seorang pemerhati seni & budaya saya sangat senang melihat gambar tarian adat dayak yang ada dalam uang Rp 2.000 tsb, karena selain bentuknya yang unik juga merupakan kebahagian tersendiri khususnya bagi masyarakat dayak & bangsa Indonesia. Dengan adanya gambar tarian adat dayak dalam uang itu setidaknya masyarakat dayak bisa berbangga hati, karena masyarakat Indonesia bisa lebih mengetahui satu dari sekian banyak kebudayaan dari suku dayak di Indonesia yang selama ini kurang mendapat perhatian oleh berbagai pihak.

Saya sangat berharap dengan adanya gambar tarian adat dayak yang ada dalam uang Rp 2.000 pihak asing tidak lagi bisa seenaknya mengklaim kebudayaan dari bangsa Indonesia & tidak menjadikan kebudayaan bangsa Indonesia sebagai media promosi atau sarana yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengambil keuntungan untuk kepentingan mereka semata. Saya juga mengharapkan agar pemerintah Indonesia bisa lebih memperhatikan kebudayaan-kebudayan dari berbagai daerah di Indonesia & bisa mendaftarkannya kepada lembaga yang berwenang sehingga dapat meminimalisir adanya pengklaiman oleh bangsa lain terhadap kebudayaan bangsa Indonesia seperti yang terjadi baru baru ini.

Selian itu saya juga mengharapkan agar bangsa Indonesia bisa ”membuka mata” & mencintai kebudayaan yang ada sebagai kekayaan dari ke anekaragaman bangsa Indonesia baik dari aspek kebudayaan, adat-istiadat, pariwisata dan lainnya sekaligus ikut membantu permerintah ambil bagian mempromosikan kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia supaya masyarakat indonesia maupun dunia bisa mengenal kebudayaan bangsa Indonesia & lebih menghargai kekayaan bangsa Indonesia.

1 komentar:

Goresan Sang Musafir mengatakan...

prestasi yg mengagumkan tentunya bagi masyarakat dayak atas pencapaian tsb. mudah2an hal ini menjadi awal yg baru tuk semakin gencar mempromosikan kebudayaan asli dayak di mata masyarakat umum. PROFICIAT.