Himpunan Mahasiswa Dayak Semarang (HIMDAS)
Oleh : Marterinus, SH

Puji Tuhan Yesus Kristus menyertai kita semua

Teman-teman mahasiswa dayak/angota himdas dimanapun, kami ucapkan selamat datang dan selamat bergabung bersama himdas, karena himdas ada dari dan untuk kita semua. Himdas dapat berdiri karena adanya dukungan dan partisipasi kita semua yang mengharapakan “perubahan”, untuk itu marilah kita bersama-sama membangun himdas menjadi sebuah organisasi besar yang dapat berperan serta secara langsung dalam pembangunan daerah di Kalimantan khususnya dan pembangunan Bangsa Indonesia umumnya.

Visi-misi himdas adalah menampung dan menyalurkan aspirasi teman-teman mahasiswa yang memiliki kepedulian terhadap:

  1. Kehadiran mahasiswa-mahasiswi dayak yang ada di kota semarang dan di kota-kota lain yang berada di luar pulau Kalimantan

  2. Kegitan keorganisasian yang dapat mempersatuakan mahasiswa-mahasiswi dayak dimanapun

  3. Daerah asal (Kalimantan) dan pembangunan bangsa dan Negara

Dengan pertimbangan di atas, marilah kita bersama-sama membangun himdas menjadi sebuah organisasi yang siap di andalkan karena awal sebuah “perubahan” telah kita nyatakan untuk membentuk sebuah organisasi kemahasiswaan yang kita beri nama HIMDAS atau Himpunan Mahasiswa Dayak Semarang. Perlu kita sadari bersama bahwa awal pembentukan himdas sampai saat ini merupakan proses panjang dalam perjalanan himdas dan merupakan tantangan tersendiri bagi kita semua dalam memperjunagkan aspirasi kita semua, sehingga aspirasi kita bisa di dengar dan kita semua bisa dilibatkan dalam berbagai kegiatan atau pengambilan keputusan. Marilah kita menggalang persatuan dan kesatuan diantara anggota himdas dan persaudaraan terhadap semua orang yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan Kalimantan khususnya karena suksesan pembangunan sebuah bangsa dan Negara tidak terlepas dari pembangunan daerah dan masyarakat. Sebagai informasi, sebelumnya bernama himdas, organisasi kemahasiswaan dayak di semarang bernama HIMDAY atau Himpunan Mahasiswa Dayak, baru kemudian berubah nama menjadi HIMDAS setelah diputuskan dalam rapat AD/ART di kota semarang.

Semoga kehadiran himdas dapat memberi solusi terhadap keprihatinan kita semua selama ini, karena selama ini kita kurang mendapatkan tampat/perhatian dari pemerintah daerah khususnya. Kita kurang dilibatkan dalam pengambilan kebijakan daerah, sehingga berdampak pada kurangnya perhatian pemerintah daerah dalam bidang pendidikan khususnya dan perhatian pemda terhadap kemajuan dan perkembangan mahasiswa-mahasiswi dayak yang semakin tahun semakin bertambah banyak yang melanjutkan pendidikan/kuliah di luar daerah. Untuk itu, marilah kita bersama-sama mendorong pemerintah daerah khususnya dan pemerintah pusat umumnya untuk lebih memperhatikan kita.

Untuk menjawab semua hal diatas, maka himdas menawarkan program kerja sebagai berikut:

  1. Melakukan pendataan terhadap seluruh mahasiswa/i dayak dimanapun.

  2. Mengajak teman-teman mahasiswa/i dayak untuk peka dan lebih peduli terhadap persoalan yang sedang kita hadapi dengan mengadakan dialog/diskusi secara rutin, khususnya dalam mengkritisi kebijakan yang akan atau telah dikeluarkan oleh pemerintah (pusat/daerah).

  3. Mendorong pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan pendidikan khususnya dalam memberikan bantuan berupa sarana dan prasaran pendukung kegiatan mahasiswa, seperti asrama mahasiswa atau pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang kurang atau tidak mampu dan mahasiswa yang berprestasi.



2 komentar:

yana sofiana mengatakan...

saya adalah pemuda keturunan sunda yang lahir dan besar ditanah kayong kalimantan barat. saya sangat kagum melihat kebudayaan suku dayak yang sangat beragam,akan tetapi sayang sekali sepertinya pemerintah daerah kurang pandai mengelola dan mempromosikan nilai budaya lokal. saya harap ada beberapa tokoh pemuda dayak dan harus lebih banyak lagi yang peduli dan mau mengembangkan sumberdaya manusia masyarakat dayak agar bisa mengelola sumberdaya alam yang begitu kaya di kalbar yang saat ini hanya dinikmati oleh segelintir orang.

Dayak Press mengatakan...

TERIMA KASIH BUNG ATAS KOMONTARNYA, SUKSES UNTUK ANDA,